Senin, 14 Juni 2010

Wisata Kota Pekalongan


Objek wisata yang dapat menjadi alternatif untuk berekreasi di Kodya Pekalongan sebagai daerah pesisir pantai utara Laut Jawa adalah objek wisata alam yang menawarkan keindahan pemandangan pantai seperti Pantai Slamaran dan Pasir Kencana. Sebagai salah satu sentra batik, Pekalongan juga menawarkan wisata belanja batik yang terpusat di Pasar Grosir Batik Setono. Anda dapat juga mengunjungi Musium Batik Nasional yang memiliki ratusan koleksi batik dari seluruh nusantara sekaligus pusat informasi tentang teknik dan pola batik, sejarah dan perkembangan batik di Indonesia.



Obyek Wisata Alam :

Pantai Pasir Kencana

Tempat santai menyajikan keindahan dan kesejukan khas pantai dengan hamparan pasir pantai. Rekreasi yang ditawarkan ditempat ini selain pemandangan, yaitu bersampan, perahu siar dan memancing. Terletak 4,5 km ke arah utara dari kota berdekatan dengan TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dan Muara Pelabuhan Pekalongan.


Pantai Slamaran

Sepert ihalnya Pantai Pasir Kencana yang menyajikan keindahan, Pantai Slamaran berupa pantai dengan banyak pohon (hutan alami) dan pohon kelapa. Pantai ini terletak sebelah timur dari pantai Pasir Kencana dan 5 km dari kota ke arah Timur Laut yang terkenal dengan legenda Ratu Pantai Utara Pekalongan, Dewi Lanjar.


Obyek Wisata Budaya :

Museum Batik Nasional

Jl Jatayu No 3 Pekalongan 51114 Indonesia
Buka setiap hari jam 08.30 - 17.00 WIB
Koleksi batik yang ada berasal dari berbagai daerah di nusantara seperti Jogjakarta, Surakarta, dan batik-batik daerah pesisir, seperti Cirebon, Pekalongan, Lasem, Rembang, Tuban dan Sidoarjo. Selain itu juga terdapat koleksi batik dari Malaysia dan batik-batik kuno yang berusia puluhan bahkan seratus tahun.


Obyek Wisata Belanja :

Pasar Grosir Batik Setono

Meskipun namanya Pasar Grosir Batik tetapi komoditas yang menjadi bursa tidak hanya batik semata dan juga melayani pembelian eceran (retail). Komoditas batik, konveksi, tenun, palekat dan kerajinan merupakan bursa utama perdagangan di sentra Pasar Grosir Setono. Pasar Grosir ini mudah dijangkau yang terletak 3 km disebelah timur Kota Pekalongan, tepatnya di Jl. Raya Baros yang merupakan Jalan Raya Cirebon - Semarang (Jalur Pantura). Disamping Pasar Grosir juga banyak dijumpai Rumah Batik dan Kerajinan yang tersebar ke beberapa daerah di Kota Pekalongan (lihat menu batik - kerajinan).


Obyek Rekreasi Terpadu :

Rekreasi Terpadu Pekalongan

Kawasan rekreasi ini dipersiapkan menjadi one stop recreation dengan fasilitas hiburan yang beraneka ragam. Saat ini obyek yang dapat dinikmati antara lain : Akuarium (Sea World) yang menampilkan koleksi berbagai jenis ikan laut dan ikan tawar serta biotanya. Taman bermain anak, pemandangan pantai dan muara pelabuhan dengan lalu lintas keluar masuk kapal dari dan ke pelabuhan. Fasilitas hiburan lain masih dalam proses pembanganan dan terus dikembangkan. Taman rekreasi ini terletak di sebelah pelabuhan Pekalongan 4 km ke utara dari pusat kota.


Sumber :
http://infopekalongan.com/content/view/36/1/
14 Juni 2010

Sumber Gambar:
http://teguhpoenya.files.wordpress.com/2009/01/karedok1.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar