Senin, 14 Juni 2010

Profil Kota Pekalongan

Kota Pekalongan dengan luas wilayah secara keseluruhan 17,55 km terbagi menjadi 4 Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang di sebelah selatan, Kabupaten Pekalongan di sebelah barat, serta Kabupaten Batang di sebelah timur. Kota Pekalongan dikenal sebagai kota batik, potensi perekonomian di daerah ini ada pada industri dan perdagangan.


Untuk mendukung perkembangan sebuah daerah industri dan perdagangan tentu tidak lepas dari kebutuhan akan sarana dan prasarana yang memadai, salah satunya adalah terjaminnya kelancaran transportasi khususnya jalan darat, wilayah ini memiliki kondisi jalan yang cukup baik . Selain itu, angkutan kereta api juga meramaikan kegiatan transportasi kota karena hampir semua jalur kereta api rute Jatim-Jateng berhenti di satsiun Pekalongan.

Namun untuk ketersediaan angkutan laut dan udara belum ada. Tidak adanya pelabuhan laut umum, cukup membuat kegiatan perdagangan di kota ini kurang leluasa. Distribusi barang keluar-masuk baru dlayani angkutan darat baik mobil maupun kereta api. Untuk ke depan, pelabuhan perikanan yang dimiliki saat ini diharapkan bisa menjadi pelabuhan umum yang melayani angkutan barang dan manusia. Belum lengkapnya fasilitas yang dimiliki memang menjadi hambatan. Apalagi dengan potensi yang tidak bisa dibilang sedkit, dilihat dari sejumlah perusahaan yang menggeluti dunia usaha di kota ini terutama industri tekstil( batik dan garmen) dan perikanan yang komoditasnya menjadi andalan utama.

Cukup tingginya sumbangan perdagangan bagi pundi-pundi uang Kota Pekalongan tidak lepas dari kegiatan ekspor setipa tahunnya. Komoditas tekstil seperti sarung palekat, garmen, dan batik cetak atau sarung batik, komoditas unggulan ini diminati di negara Singapura, Abu Dhabi, Amerika Serikat, jepang, Eropa, Malaysia, dan Arab Saudi. Produk ekspor lainnya adalah hasil perikanan seperti kakap merah, tuna, malabar, mahi-mahi,, dan lain-lain yang didistribusikan ke mancanegara seperti Jepang, Srilangka, eropa, Malaysia, dan Amerika Serikat.


Sumber Data:
Jawa Tengah Dalam Angka 2007
(01-10-2007)
BPS Provinsi Jawa Tengah
Jl. Pahlawan 6, Semarang 50241
Telp (024) 8311242, 8412802
Fax (024) 8311195


Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/displayprofil.php?ia=3375

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar